Wednesday, June 11, 2014

Visitasi Akreditasi PPs Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Mataram



Visitasi Akreditasi PPs Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Mataram


Tanggal 16-18 Mei 2014, adalah jadwal agenda untuk pelaksanaan visitasi akreditasi untuk Program Pascasarjana Program Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Mataram. Dengan 2 asesor yang ditugaskan dari BAN-PT yang datang berkunjung, yakni Prof.Dr. Fabiola D. Kurnia, M.Pd. (dari Universitas Negeri Surabaya), dan Dr. Husnan Lubis M., MA. (dari Universitas Sumatera Utara). Berdua,  mereka ditugaskan untuk melaporkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar, yang berdasarkan laporan borang yang telah dikirimkan ke Dikti sebelumnya.
Beberapa poin penilaian dalam visitasi akreditasi Program Studi (Prodi) ini adalah data kelulusan mahasiswa, jenis kegiatan yang telah dilakukan (baik berupa seminar, kuliah umum, kuliah tamu), keberadaan jurnal prodi, strategi pengembangan prodi, administrasi dan sebagainya.
Sabtu, 17 Mei 2014 pukul 09.00 WITA, adalah saat pelaksanaan visitasi berlangsung. Di ruang yang berbeda, Program Pascasarjana Program Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris diwakili oleh Direktur PPs IKIP Mataram, Prof. Abbas A. Badib, Dipl.TEFL, MA.,MA., Ph.D divisitasi oleh Prof.Dr. Fabiola D. Kurnia, M.Pd. Sedangkan Sekretaris PPs IKIP Mataram, Muliani, M.Pd., divisitasi oleh Dr. Husnan Lubis M., MA.
Pertanyaan demi pertanyaan disampaikan oleh kedua asesor kepada kedua perwakilan Prodi. Beberapa pertanyaan yang membutuhkan tampilan fisik seperti beberapa dokumen tentang alumni, Rencana Anggaran Belanja (RAB), turut menjadi salah satu item pelaksanaan visitasi akreditasi ini.
Tim kerja pengerjaan dokumen sesuai pedoman buku borang yang dibuat, telah bekerjasama beberapa hari sebelumnya. Keterlibatan tim kerja yang berasal dari pengelola PPs IKIP Mataram, mahasiswa dan alumni PPs IKIP Mataram turut memberi andil besar dalam pelaksanaan visitasi akreditasi kali ini.
Dengan membutuhkan waktu sekitar 3 jam, pelaksanaan visitasi akreditasi di PPs IKIP Mataram telah usai. Dengan agenda berikutnya adalah penantian hasil penilaian dari tim BAN-PT kepada Program Pascasarjana Program Studi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris. Semoga nilai maksimal bisa di dapatkan, demi kemajuan IKIP Mataram ke depannya. 



**klik pada foto untuk memperbesar tampilan **

0 comments:

Post a Comment