Thursday, February 16, 2017

Silaturahmi dan Purnatugas Dosen PPs IKIP Mataram Dr. Mustafa Makkah, MS.


Rabu, 15 Februari 2017
Bertempat di kediaman Dewan Pembina Yayasan Pembina IKIP Mataram (YPIM), ada momen istimewa dan berkesan yang mendalam hadir di sana. Yakni prosesi masa tugas dosen PPs IKIP Mataram bernama Dr. Mustafa Makkah, MS oleh yayasan. Beliau menjadi salah satu dosen yang merintis berdirinya Program Pascasarjana IKIP Mataram pada program studi magister (S2) Pendidikan Bahasa Inggris. Adapula beberapa nama dosen lain yang merintis berdirinya Program Pascasarjana ini yang sudah terlebih dahulu meninggalkan masa tugas mengajar di sini. Satu lagi yang masih ada adalah Dr. I Ketut Warta, MS., yang sampai sekarang masih menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana.
Di hadapan para pimpinan lembaga di lingkungan kampus IKIP Mataram yang hadir, Dr. Mustafa Makkah, MS yang mengenakan setelan batik warna coklat, nampak masih segar-bugar saat hadir di forum pimpinan tersebut. Diantara para pimpinan di lingkungan IKIP Mataram yang tampak hadir tersebut adalah Prof. Drs. H. Toho Cholik Mutohir, MA., Ph.D (Rektor), Dr. Jamaluddin, M.Pd. (Wakil Rektor I), Dr. Hj. Jumailiyah, MM. (Wakil Rektor II), Ir. Subagio, M.Sc. (Wakil Rektor III), Drs. Sumarjan, MSi (Dekan FPMIPA), Muliani, M.Pd. (Dekan FPBS), Dra. Ni Ketut Alit Suarti, M.Pd (Dekan FIP), Dr. Imam Syafi'i, M.Kes. (Dekan FPOK), Husnul Jannah, M.Si. (Kepala BAAK), Nurhardiani, ST., M.Pd. (Kepala Biro Keuangan), Ismail Marzuki, SH., M.H. (Kepala Biro Humas), Dr. Gunawan, M.Pd. (Kepala LPPM), Sunandar Apriawan Mulyanto, SH., M.Pd. (Kepala UPT Perpustakaan), Sri Erny Muliyani, S.Kom. (Kepala BAU), M. Fuaddunnazmi, ST., M.Pd. (Kepala UPT Puskom), Drs. L. Sri Mukhlisin Wijaya, MH. (Wakil Dekan II FPOK). Sedangkan dari yayasan hadir pula ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram H.L. Rusmiady, SH.,MM., serta serta jajarannya dan dihadiri juga oleh dewan pembina yayasan dihadiri oleh Drs. H. Lalu Azhar.
Sore itu prosesi tersebut diawali oleh kata sambutan oleh Ketua Yayasan, juga selaku moderator. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian tali asih dan cinderamata dari pihak yayasan yang diserahkan langsung oleh Dewan Pembina, berlanjut ke Ketua Yayasan dan Rektor IKIP Mataram kepada Dr. Mustafa Makkah, MS.  Yang salah satunya berupa piagam penghargaan dari IKIP Mataram atas pengabdiannya turut membangun perkembangan dan pengembangan pendidikan tinggi khususnya di wilayah Nusa Tenggara Barat. Spesialisasi beliau dalam pendidikan di tingkat Program Pascasarjana adalah sebagai dosen bahasa Inggris spesifikasi pada bidang Literatur/Sastra Inggris.
Berikut sekilas profil sosok dosen senior yang berasal dari Makassar (Sulawesi Selatan) kelahiran tahun 1941 :
1. Lulusan Sarjana (S1) di Fakultas Sastra jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Hasanuddin pada tahun 1997.
2. Lulusan Program Pascasarjana (S2) di Program Studi Kebahasaan/Bahasa Inggris di Universitas Hasanuddin pada tahun 1988.
3. Lulusan Doktor di Program Pascasarjana di Program Studi Ilmu Linguistik di Universitas Hasanuddin pada tahun 2006.
4. Serta, mulai menjadi salah satu pengajar saat merintis berdirinya Program Pascasarjana IKIP Mataram pada tahun 2012.
Terima kasih Dr. Mustafa Makkah, MS. atas segala pengabdian dan dedikasinya untuk kemajuan dan perkembangan pendidikan di IKIP Mataram.
Berikut beberapa dokumentasi saat prosesi silaturahmi Dr. Mustafa Makkah, MS., pihak kelembagaan IKIP Mataram dan yayasan.

Kiri-kanan: Prof. Drs. H. Toho Cholik Muthoir, MA., Ph.D, Dr. Mustafa Makkah, MS., Drs. H.L. Azhar, serta H.L. Rusmiady, SH., MM saat menjadi moderator acara
Penyerahan cinderamata dari dewan penasehat yayasan, Drs. H.L. Azhar kepada Dr. Mustafa Makkah, MS.

  
Sesi foto bersama
Sesi foto bersama
Penyerahan cinderamata dari rektor, Prof. Drs. H. Toho Cholik Muthoir, MA., Ph.D kepada Dr. Mustafa Makkah, MS.
Sesi foto bersama
Penyerahan cinderamata dari ketua yayasan, H.L. Rusmiady, SH., MM kepada Dr. Mustafa Makkah, MS.
Sesi foto bersama

Dr. Mustafa Makkah, MS., saat memberikan kata-kata sambutan
Dr. Mustafa Makkah, MS., saat memberikan kata-kata sambutan
Sesi foto bersama antara kelembagaan, yayasan

0 comments:

Post a Comment