Tuesday, September 16, 2014

Seminar Nasional PPs IKIP Mataram pada bulan Oktober 2014




Sejauh ini, khususnya di Indonesia penelitian bahasa hanya terfokus pada Pengajaran Bahasa. Sementara Lingustik dan Sastra sebagai sebuah konten bahasa tidak mendapatkan perhatian yang cukup. Pada kenyataannya, kedua hal tersebut juga merupakan bagian dari bahasa itu sendiri dan saling berkaitan satu dengan yang lainnya dalam pengajaran bahasa. Dalam pengajaran bahasa asing seperti bahasa Inggris, guru juga perlu memahami bagaimana bahasa Inggris itu digunakan dalam konteks yang natural seperti keterkaitannya dengan budaya. Dalam hal ini pengetahuan yang kuat di bidang linguistik dan sastra sangat dibutuhkan. Sebagai contoh, sebagai cabang dari Ilmu bahasa, pengetahuan yang baik dalam sociolingustik dapat membantu guru untuk mengarahkan siswanya untuk mencapai communicative competence. Sementara itu, sastra dapat digunakan sebagai salah satu cara pengajaran bahasa yang menarik sekaligus untuk mempertahankan kebudayaan lokal melalui cerita rakyat.
Ini yang melatar belakangi bagaimana linguistik, sastra dan pengajaran bahasa tidak dapat dipisahkan. Dengan demikian seminar nasional ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana lingustik dan sastra dapat diintegrasikan dalam pengajaran bahasa. Kondisi itulah yang melatarbelakangi Program Pascasarjana IKIP Mataram pada tahun 2014 ini akan menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “The Role of Linguistics and Literature in Language Teaching” ini akan dilaksanakan pada :

Hari            :  Kamis
Tanggal       : 30 Oktober 2014
Tempat        : Aula Handayani IKIP Mataram  
Pembicara  : Prof.Dr.  Fabiola D. Kurnia, M.Pd. (Universitas Negeri Surabaya)

Bagi yang berminat menjadi pemateri, bisa mengirimkan full paper-nya melalui email panitia : panitiaseminar.pps.ikipmataram@gmail.com

Form pendaftaran dan Brosur kegiatan seminar nasional ini dapat di download di link di bawah ini dengan nama file berformat PDF :

Brosur untuk seminar nasional bisa di download di link di bawah ini :

Pembayaran biaya pendaftaran bisa dilakukan via transfer rekening :
BNI Syariah, nomor rekening 0251257074 a/n Desi Yuda Darmawan

Untuk pengumpulan abstrak & informasi lebih lanjut, hubungi :
Sekretariat PPs IKIP Mataram :
Gedung Pascasarjana Lantai 2 IKIP Mataram, Jl. Pemuda 59 A Mataram


Kontak Personal : 

Yuda (087859576264), Nisa (081907349370), Aris (081907763510) 

0 comments:

Post a Comment